Kamis, 10 November 2011

Sistem Jaringan Internet dan Intranet

Pada dasarnya komputer bersifat berdiri sendiri (stand alone) kemudian menjadi sebuah jaringan yang mendunia disebabkan oleh faktor kebutuhan.
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang   terhubung dalam satu kesatuan informasi. Data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data. Sebenarnya terdapat banyak jaringan di dunia ini, yang seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda.
Sejak memasyarakatnya internet yang  menghubungkan beberapa komputer, baik komputer pribadi (PC) maupun server, dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi hal yang biasa. Untuk mengenali sebuah jaringan komputer alangkah baiknya kita tahu dulu ciri-ciri dari jaringan komputer sepeti :
  1. berbagi perangkat keras (hardware) komputer;
  2. berbagi perangkat lunak (software) komputer;
  3. berbagi saluran komunikasi;
  4. berbagi data dengan mudah; dan
  5. memudahkan komunikasi antar pemakai jaringan.
adapun manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut :
  1. Resource sharing, yaitu dapat menggunakan sumber daya yang ada secara bersama-sama, hal ini berarti jaringan komputer mengatasi masalah jarak;
  2. Realibilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi;
  3. menghemat Uang.
skema internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar