Selasa, 15 November 2011

fungsi statistik

Fungsi Statistik  sering digunakan pada saat sedang mengerjakan data yang menggunakan rumus. Fungsi – fungsi yang termasuk dalam kategori STATISTICAL adalah sebagai berikut (berjumlah 80 fungsi). Diantaranya yang sering digunakan adalah :
A. AVERAGE
Fungsi : Untuk menghitung rata-rata dari suatu range. Rumus : =AVERAGE (Cell 1: Cell 2) Keterangan Cell 1 : Alamat cell awal dari data yang akan dihitung (data numeric) Cell 2 : Alamat cell akhir dari data yang akan dihitung (data numeric)
B. MAX
Fungsi : Digunakan untuk menghitung jumlah tertinggi dari suatu cell atau range. Rumus : =MAX(Cell 1 : Cell 2) Keterangan Cell 1 : Alamat cell awal dari data yang akan dihitung (data numeric) Cell 2 : Alamat cell akhir dari data yang akan dihitung (data numeric)
C. MIN
Fungsi : Digunakan untuk meghitung jumlah terendah dari suatu cell atau range. Rumus : =MIN(Cell 1 : Cell 2) Keterangan Cell 1 : Alamat cell awal yang akan dihitung (data numeric) Cell 2 : Alamat cell akhir yang akan dihitung (data numeric)
D. COUNT
Fungsi : Digunakan untuk menghitung jumlah data yang berupa data numeric. Rumus : =COUNT(Cell 1 : Cell 2) Keterangan Cell 1 : Alamat cell awal yang akan dihitung (data numeric) Cell 2 : Alamat cell akhir yang akan dihitung (data numeric)
E. COUNTAFungsi : Untuk menghitung jumlah cell yang berupa data (bail data numeric maupun data string). Bedakan dengan fungsi count yang hanya menghitung data numeric saja. Rumus : =COUNTA(Cell 1: Cell 2) Cell 1 : Alamat cell awal yang akan dihitung. Cell 2 : Alamat cell akhir yang akan dihitung. Contoh Soal :
Untuk mengerjakan kolom JUMLAH, JML tertinggi, JML terendah, rata-rata, jumlah data. Anda bisa menggunakan fungsi sattistika sebagai berikut :
 Jumlah : =SUM(F6:F10)
 JML Tertinggi : =MAX(F6:F10)
 JML Terendah : =MIN(F6:F10)
 Rata-rata : =AVERAGE(F6:F10)
 Jumlah Data : =COUNT(F6:F10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar