Selasa, 15 November 2011

fungsi perhitungan pada excel

Fungsi adalah suatu rumus yang telah disediakan oleh Microsoft Excel untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan tertentu. Microsoft telah banyak menyediakan fungsi yang terdiri dari 9 kategori, antara lain :
 Math & Trig ( Terdiri dari 50 fungsi )
 Statistical ( Terdiri dari 80 fungsi )
 Date & Time ( Terdiri dari 14 fungsi )
 Logical ( Terdiri dari 6 fungsi )
 Lookup & Reference ( Terdiri dari 17 fungsi )
 Database ( Terdiri dari 12 fungsi )
 Text ( Terdiri dari 23 fungsi )
 Financial ( Terdiri dari 16 fungsi )
 Information
I. FUNGSI MATH & TRIG
Fungsi Math & Trig disebut juga fungsi matematika. Fungsi ini sering digunakan pada saat anda bekerja dengan Microsoft Excel terutama jika anda mengerjakan suatu data menggunakan rumus. Fungsi Math & Trig terdiri dari 50 fungsi yang masing-masing memiliki kegunaan tersendiri untuk mempermudah kita menggunakan rumus. Mari kita mencoba mempelajari beberapa fungsi dari fungsi Math & Trig.
A. SUM
Fungsi : Sum digunakan untuk menghitung jumlah total dari suatu data numerik. Rumus : = SUM (Cell : Cell) Keterangan Cell 1 : alamat cell awal dari data yang akan dijumlahkan Cell 2 : alamat cell akhir dari data yang akan dijumlahkan Catatan, Gunakan pemisah antara cell 1 dengan cell 2 dengan : Cara menggunakannya Tempatkan pointer pada alamat cell tempat hasil perhitungan Tulis = SUM(Cell 1:Cell 2) Enter Atau Tulis =SUM(drag dari cell awal perhitungan sampai cell akhir perhitungan) Enter Sebagai contoh perhatikanlah gambar di bawah ini

Untuk mengerjakan JUMLAH Anda gunakan rumus SUM Caranya:
 Letakkan pointer pada cell D12 (mencari jumlah total NILAI PENJUMLAHAN )
 Tulis rumus =SUM(D6:D10),tekan enter
 Atau =SUM(drag dari cell awal penjumlahan (D6) sampai cell akhir penjumlahan (D10)
 Setelah selesai Anda tinggal mengkopikan rumus ke cell sebelahnya.
Cara – cara diatas juga berlaku untuk fungsi statistika yang lain.
Selain dengan menggunakan rumus SUM, untuk menghitung jumlah total dari suatu data numeric Anda bisa menggunakan Toolbar AutoSum
B. SUM IF
Fungsi : Sum If digunakan untuk menjumlahkan range dengan kriteria tertentu. Rumus : = SUMIF (Range Kode:Kriteria:Range akan dijumlah)
Penyelesaian : Rumus yang akan dimasukan pada E13 =SUMIF(D6:D10;”A”:E6:E10) (tekan enter)
1. Letakan pointer di Cell E13
2. Ketik =SUMIF ( ketik =SUMIF kemudian buka kurung (semuanya rapat).
3. Blok semua KODE GOLONGAN (D6 :D10). Cara ;
 Sorot D6
 Tekan tombol titik
 Sorot kebawah hingga D10
4. Ketik ;”A”;
5. Blok seluruh JUMLAH GAJI (E6:E10). CARA ;
 Sorot E6
 Tekan tombol titik
 Sorot kebawah hingga E10
6. Ketik ) ketik tutup kurung
7. Tekan enter
Maka anda akan mendapatkan 1200000 pada cell E13.


C. SUBTOTAL
Fungsi : Subtotal adalah untuk mencari subtotal dari sebuah range. Rumus : = SUBTOTAL (Nomor Fungsi;Range1;Range2) Nomor Fungsi adalah nomor antara 1 sampai dengan 11 yang merupakan fungsi yang digunakan untuk mencari subtotal. NOMOR FUNGSI FUNGSI
1 AVERAGE
2 COUNT
3 COUNTA
4 MAX
5 MAX
6 PRODUCT
7 STDEV
8 STDEVP
9 SUM
10 VAR
11 VARP
CONTOH1 =SUBTOTAL(1;A1:A10) Akan mencari rata-rata cell A1 sampai A10. Rumus ini sama artinya dengan AVERAGE (A1:A10). CONTOH 2 =SUBTOTAL(9;A1:A10) Akan menjumlahkan cell A1 sampai A10. Rumus ini sama artinya dengan SUM(A1:A10).
D. ROUND
Fungsi : untuk membulatkan sebuah bilangan ke dalam jumlah desimal tertentu. Rumus : =ROUND(Cell;Jumlah Desimal)
CONTOH 1 : =ROUND(1,4;0) 1
CONTOH 2 : =ROUND(1,5;0) 2
CONTOH 3 : =ROUND(1,24;1) 1,2 Contoh Soal : Perhatikan contoh soal yang ada pada gambar 5.b dibawah ini. Jika anda mempraktikkan mengerjakan soal ini, hitunglah ukuran rata-rata, dan Round. Ukuran Rata-rata dan Round jangan diketik manual.


BANTUAN
 UKURAN RATA-RATA
Ukuran rata-rata dicari melalui PENGUKURAN I + PENGUKURAN II Kemudian dibagi dua. =(A4 + B4)/2 selanjutnya dicopy kebawah…….
 ROUND
ROUND dicari melalui UKURAN RATA-RATA dengan pembulatan 2 desimal.
=Round(C4;2) Selanjutnya copy ke bawah …….. Catatan : tanda pemisah dalam perhitungan harus disesuaikan dengan format deafault pada komputer. Jika menggunakan tanda koma maka tanda pemisah juga menggunakan tanda koma, jika menggunakan tanda titik dua maka tanda pemisahnya juga menggunakan tanda titik dua dan jika menggunakan tanda titik koma maka tanda pemisahnya juga harus mengikuti dengan titik koma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar